Pengembangan Diri

Struktur Kurikulum Pengembangan Diri

Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.

Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler dan  melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.

Kegiatan Pengembangan Diri SMAK 3 Bina Bakti adalah sebagai berikut :

a. Kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pembentukan karir peserta didik. Pengembangan diri bagi peserta didik SMA Kristen 3 Bina Bakti terutama ditujukan untuk pengembangan kreativitas dan bimbingan karir. Adapun lima layanan yang dilaksanakan SMA Kristen 3 Bina Bakti adalah :

  • Layanan orientasi : memperkenalkan peserta didik pada kegiatan belajar mengajar di SMA

  • Layanan Informasi  : memberikan informasi tentang tugas perkembangan seorang remaja, relasi sosial, karir dan pendidikan tinggi.

  • Layanan Konseling perorangan : membantu mengarahkan dan mengembangkan kepribadian peserta didik dan membantu peserta didik dalam pengambilan keputusan bagi dirinya.

  • Layanan konseling kelompok : mengarahkan peserta didik yang mempunyai kebutuhan/masalah yang sama untuk menyelesaikan secara kelompok

  • Layanan penempatan dan penyaluran :

    1. Mengarahkan peserta didik dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat peserta didik misalnya : musik, Olah Raga, Bahasa dan lain-lain

    2. Mengarahkan peserta didik dalam pemilihan jurusan IPA atau IPS

    3. Mengarahkan peserta didik dalam pemilihan jurusan ke PT atau pekerjaan

b. Kegiatan Pengembangan Pribadi dan Kreativitas peserta didik dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler, yang mencakup Kegiatan:

  • Olahraga dan bela diri (Futsal, Bulu Tangkis, Basket, Wushu)

  • Seni dan budaya (Bahasa Jepang, Modern Dance)

  • Komputer, Design Grafis, Design Photoshop/Corel dan Akuntansi

Setiap peserta didik diberi kesempatan untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMA Kristen 3 Bina Bakti, minimal 1 dan maksimal 2 jenis kegiatan.

Kegiatan Terprogram

1. Bimbingan /Konseling

Tujuan : Membantu  peserta didik sehingga dapat berkembang dalam aspek pribadi, sosial dan akademik sebagai arahan bagi para peserta didik dalam memilih program penunjang yang ada di sekolah sesuai dengan bakat, minat dan potensinya.

Kegiatannya adalah sebagai berikut :

    1. Kehidupan pribadi peserta didik
    2. Kemampuan bersosialisasi
    3. Kemampuan belajar
    4. Wawasan dan perencanaan karir
    5. Memupuk kepemimpinan

2. Pendalaman Alkitab

Tujuan :

  • Membimbing peserta didik untuk membangun hubungan yang semakin erat dengan Tuhan

  • Membantu peserta untuk memahami Firman Tuhan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan pribadi secara nyata.

3. Enteurpreuneurship

Tujuan :

  • Membantu peserta didik untuk mengaplikasikan teori-teori ekonomi dalam bidang kewirausahaan.

  • Memupuk rasa percaya diri dan sikap mandiri peserta didik sehingga memiliki sikap dan jiwa wirausaha.

4. Ekstrakurikuler

Bidang Seni

a. Design Photoshop

Mengembangkan keterampilan peserta didik di bidang teknologi desain menggunakan Adobe Photoshop.

b. Design Grafis

Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam merancang grafis sesuai dengan estitika seni.

Bidang Olah Raga

a. Futsal

Meningkatkan kebugaran, sportivitas dan tanggungjawab, dan percaya diri dalam bidang olahraga sesuai minat dan bakat.

b. Basket

Meningkatkan kebugaran, sportivitas dan tanggungjawab, dan percaya diri dalam bidang olahraga sesuai minat dan bakat.

c. Bulutangkis

Meningkatkan kebugaran, sportivitas dan tanggungjawab, dan percaya diri dalam bidang olahraga sesuai minat dan bakat.

d. Wushu

Meningkatkan kebugaran, sportivitas dan tanggungjawab, dan percaya diri dalam bidang olahraga sesuai minat dan bakat.

Bidang Bahasa

a. Bahasa Jepang

Memberikan pengetahuan bahasa dan budaya Jepang kepada peserta didik.

Bidang Science

a. Akuntansi

Membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan menyusun informasi keuangan dengan benar sesuai standar akuntansi.

b. Komputer

Membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

 

Kegiatan Tidak Terprogram

Kegiatan pengembangan diri secara tidak terprogram yang dilaksanakan di SMAK 3 Bina Bakti adalah sebagai berikut :

a. Kegiatan yang bersifat rutin

Kegiatan ini dilaksanakan secara terjadwal, seperti upacara bendera ( Setiap minggu ke-3) dan kegiatan ibadah kebaktian di aula.

 b. Kegiatan yang bersifat spontan

Kegiatan ini tidak dilakukan secara terjadwal dalam kegiatan khusus, tetapi dilaksanakan secara spontan disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi. Contoh :

    • Pembentukan perilaku memberi salam bila bertemu dengan guru atau tamu yang datang ke sekolah.

    • Membuang sampah pada tempatnya.

    • Menjaga fasilitas sekolah dengan baik.

    • Menciptakan hidup rukun dengan masyarakat sekolah dan lingkungan sekitar.