Kurikulum / Program

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional  Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:

  1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
  2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
  3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
  4. Kelompok mata pelajaran estetika;
  5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.

Kelas X

Kelas X

Kelas XI dan XII Program IPA

IPA

Kelas XI dan XII Program IPS

IPS

Struktur kurikulum SMAK 3 disusun dan dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit.
  2. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.

Pendidik yang bekompeten dalam bidangnya masing – masing telah siap dengan berbagai metode pengajaran yang akan mempermudah peserta didik dalam menjalani proses belajar. Mulai dari teknik mengajar, metode jar, hingga metode penilaian yang akan meningkatkan kualitas berfikir dari peserta didik.

Adapun metode belajar tersebut antara lain:

  • Peserta didik difasilitasi untuk dapat turun langsung ke lapangan dalam mengobservasi bahan pelajaran. (Ekonomi, Sejarah, Sosiologi)
  • Peserta didik difasilitasi untuk dapat mempraktekan langsung bahan pelajaran. (Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Inggris, Sunda, Mandarin, Biologi, Fisika, Kimia, PLH)
  • Peserta didik difasilitasi untuk dapat turun langsung ke lapangan dalam mengobservasi bahan pelajaran. (Ekonomi, Sejarah, Sosiologi)

Adapun metode penilaian hasil pembelajaran tersebut antara lain:

  • Peserta didik dapat mempraktekan langsung apa yang telah dipelajari dalam bentuk kelompok debat, membuat drama, film, membaca puisi, menyanyi, dsb. (Agama, Bahasa Indonesia, Inggris, Sunda, Mandarin)
  • Agar terciptanya variasi penilaian hasil pembelajaran, maka pendidik dapat juga menggunakan kuis, games, dsb.